Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-anti-copy-paste-di-blog.html#ixzz2AEpkYubF BMKG Imbau Warga Waspada ~ Media Tambelan | Pulau Tambelan | Seputar Pulau Tambelan Kab Bintan Provinsi Kepulauan Riau

Komentar

Rabu, 25 Juli 2012

BMKG Imbau Warga Waspada

BMKG Imbau Warga Waspada



TANJUNGPINANG (HK) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengingatkan masyarakat agar senantiasa mewaspadai cuaca panas yang melanda wilayah Tanjungpinang dan Bintan akhir-akhir ini. Pasalnya, kondisi tersebut, disinyalir dapat berpotensi memicu terjadinya musibah kebakaran.
"Kondisi cuaca yang panas dan kering serta berangin ini bisa berpotensi memicu terjadinya kebakaran, Maka dari itu, harus diperhatikan dan selalu waspada agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan di wilayah masing-masing,"himbau Kepala Stasiun BMKG Tanjungpinang yang baru, Hartanto, menggantikan posisi pejabat lama Sulimin yang saat ini menjabat sebagai Kepala Stasiun BMKG Ambon, Rabu (25/7).

Dia mengatakan, kondisi cuaca ekstrim tersebut akan terjadi selama tujuh hari kedepan. Angin kencang yang bertiup, kecepatannya rata-rata di atas 10 hingga 30 kilometer per jam. Peluang terjadinya hujan lokal sangat besar, kemungkinan berpotensi terjadi pada kurun waktu tiga hingga empat hari lagi, dengan intensitas ringan dan sedang.

"Kondisi disebabkan oleh udara lapisan atas yang cenderung kering. Dan juga patut diwaspadai adalah angin kencang lokal yang berpotensi akan terjadi nanti,"terang Hartanto.

Prakiraan Cuaca BMKG Bakhtiar menambahkan, cuaca panas yang terjadi lebih disebabkan oleh terdapatnya siklon tropis di wilayah perairan Hongkong. Hal tersebut membuat pergerakan massa udara ke daerah Asia lainnya. Selain itu, angin rata - rata terlihat cukup kencang di atas wilayah Tanjungpinang dan Bintan. "Inilah yang membuat cuaca di Kepri umumnya panas dan berawan beberapa hari ini, setidaknya lima hingga tujuh hari kedepan,"terang Bahktiar.

Ia menambahkan, ketika siklon tropis vicente melemah dan hilang dalam beberapa hari nanti, maka pertumbuhan awan akan kembali menguat. Hal tersebutlah yang nanti akan berpotensi menimbulkan cuaca hujan kembali di wilayah Kepri khususnya di Tanjungpinang dan Bintan.

"Beginilah hasil pantauan yang kita peroleh, untuk tingkat gelombang masih dibatas normal, akan tetapi yang namanya keselamatan para penumpang harus diperhatikan serta senantiasa melihat kondisi cuaca di sekitarnya, apabila terdapat perubahan segera menjauh ke tempat yang lebih aman,"ujarnya kembali. (cw40)

0 komentar:

Posting Komentar

Tanjungpinang

Batam Pos » Batam