Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-anti-copy-paste-di-blog.html#ixzz2AEpkYubF Survey Akademisi dan Mahasiswa Memprediksi Pilwako Pinang 1 Putaran ~ Media Tambelan | Pulau Tambelan | Seputar Pulau Tambelan Kab Bintan Provinsi Kepulauan Riau

Komentar

Senin, 22 Oktober 2012

Survey Akademisi dan Mahasiswa Memprediksi Pilwako Pinang 1 Putaran

survey independen tentang elektabilitas calon walikota tanjungpinang, 2013-2018 oleh tiga kelompok akademisi di Kota Tanjungpinang. Tiga kelompok ini Gerakan Mahasiswa Peduli Tanjungpinang (GMPT), Komunitas Bakti Bangsa (KBB) dan Lembaga Kajian Publik dan Politik Lokal (LK2PPL).

Maulana, Jurubicara dari tiga kelompok dan lembaga ini kepada wartawan, Rabu (17/10) menjelaskan survey dilakukan untuk mengetahui sejauh mana persepsi masyarakat terhadap Pilwako Tanjungpinang dan siapa sosok cawako yang banyak dipilih masyarakat nanti. Adapun metodologi digunakan melibatkan 425 orang diambil secara acak (multi stage random sampling), di sebar padang 4 kecamatan dan 17 kelurahan se Kota Tanjungpinang.  

Pertanyaan :

1. Jika pertanyaan saat ini dilakukan pencoblosan, pasangan yang dipilih pasangan mana?.
Hasil :
didapat pasangan nomor urut 2 mendapat 51 persen, nomor urut 1 mendapat 35 persen, pasangan urut 4 dapat 10,8 persen dan pasangan urut 3 dapat kepercayaan 2,7 persen. Dengan data ini, kami simpulkan Pilwako satu putaran, " ujar Maulana Chandra.

2. Siapakan dari pasangan yang memiliki kemampuan membangun tanjungpinang
Hasil :
Pasangan nomor urut 2 mendapat kepercayaan 54 persen, pasangan nomor urut 1 dapat kepercayaan 32 persen, pasangan nomor urut 4 dipercaya 10,54 persen dan pasangan urut 3 hanya 2,4 persen.

3.  Apakah peran parpol dan tokoh  mempengaruhi dalam memilih
Hasil :
Ternyata tidak. Semua mengacu kepada kemampuan. Dimana 81 persen menilai karena kemampuan, sisanya 10,85 persen, serta peran parpol cuma 7,7 persen," 

4. Survey juga bertanya soal manoy politik dan pengaruh dalam pemilihan. Selain itu, survey bertanya sejauhmana sosialisasi dan ketahuan pemilih soal pilwako.

Hasil :
Dari 425 responden, semua diambil dari umur 25 tahun keatas dan pemilih yang pernah dan memiliki hak suara.  " Survey melibatkan 160 relawan dan dilakukan 1-9 oktober 2012.  Dilihat dari keterwakilan pemilih,  dari latarbelakang pendidikan SD 15 persen, SMP 16 persen, SMU 48 persen, Sarjana 13 persen dan S2. 2,1 persen. Jenis kelamin responden 58 persen laki-laki dan 41,6 persen perempuan. Hasil ini merupakan data sebelum kampanye. Bagaimana hasil setelah kampanye, tentu kami belum mengetahui,"ujar maulana lagi. 

Maulana dan kawana-kawan menyatakan survey mereka tidak akan pihak dari calon yang membiayai. Kalau ada pasangan yang mendapat nilai positif, mungkin itu wajar.

" Tapi perlu diingat semua bisa saja berbeda saat pemilu nanti," ujar Suradji menimpali dari LK2PPL. (ded)

0 komentar:

Posting Komentar

Tanjungpinang

Batam Pos » Batam